STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN
Abstract
Kendala yang menghambat tercapainya tujuan pembelajaran SKI salah satunya adalah kejenuhan belajar siswa Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, guru dituntut harus memiliki strategi dalam melaksanakan tugas mengajarnya.. Adapun pertanyaan penelitian yaitu 1. Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI pada siswa kelas VIII di MTsN 10 Sleman. 2. Bagaimana hasil dari strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI pada siswa kelas VIII di MTsN 10 Sleman.
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa Kelas VIII di MTsN 10 Sleman serta mengetahui hasil dari strategi guru tersebut. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan oleh peneliti yaitu teori tentang Strategi menurut Nana Sudjana dalam bukunya Dasar-Dasar Proses Belajar. Dimana dalam teori tersebut menjelaskan tentang konsep dasar dari strategi mengajar merupakan tindakan nyata dari guru untuk melaksanakan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien.
Hasil penelitian ini adalah: (a) Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI pada siswa guru menerapkan strategi pembelajaran Inquiri yang biasanya dilakukan dengan tanya jawab antara guru dan siswa, serta strategi pembelajaran Afektif, yaitu guru membentuk kelompok diskusi. (b) Hasil dari strategi yang diterapkan guru sangat membantu siswa ketika mereka mulai bosan atau jenuh dalam pembelajaran SKI, bisa dilihat ketika siswa bersemangat dibuat kelompok diskusi.
Collections
- Islamic Education [862]