SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH PUNCAK BOGOR DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZHUL QUR'AN DENGAN METODE TURKI UTSMANI
Abstract
Pada umumnya metode menghafal Al-Qur’an adalah menghafal Al-Qur’an mulai dari surah Al-Fatihah hingga surah An-Nas. Namun ternyata, ada metode baru yang sudah ada di salah satu di pondok di Indonesia dengan sistem yang berbeda dan cukup efektif dalam waktu singkat, yaitu memulai hafalan dari setiap halaman akhir setiap juz yang dimulai dari juz awal hingga akhir juz 30, kemudian setelah selesai kembali lagi ke halaman sebelumnya, yang belum dihafal hingga selesai 30 juz. Selain itu, mereka akan dibekali dengan pembelajaran kitab kuning. Permasalahannya bagaimana Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Puncak Bogor Dalam Menghafal Al-Qur'an Dengan Metode Turki Utsmani.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Puncak, Bogor. Adapun informan penelitian adalah Asatidz Pengajar yang berjumlah 7 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data meliputi: (a) Perpanjangan Pengamatan, (b) Meningkatkan Ketekunan, dan (c) Triangulasi. Metode analisis data ini menggunakan (a) Pengumpulan Data (b) Reduksi data, (c) Penyajian data, dan (d) Penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sistem pendidikan Pondok Sulaimaniyah Puncak Bogor dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Turki Utsmani yaitu : (a) Sistem pendidikan Salafiyah (b) Kurikulum mengacu pada kurikulum pondok Sulaimaniyah yang berada di Turki. Sedangkan Faktor pendukung yaitu : (a) Dukungan orang tua, (b) Tenaga pengajar kompeten dan (c) Peraturan tegas, adapun Faktor penghambat yaitu : (a) Santri sering tidak masuk, (b) Tidak atas kemauan sendiri, dan (c) Pelanggaran berat.
Collections
- Islamic Education [861]