dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya tingkat penasaran peneliti
terhadap penggunaan gawai oleh siswa dan siswi di MAN 1 Yogyakarta dan
seperti apa proses pembelajaran di kelas dalam mempengaruhi tingkat minat
membaca siswa, peneliti mengamati masih belum banyak siswa yang pergi ke
perpustakaan untuk membaca ataupun mencari referensi untuk mengerjakan
tugas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh gawai dan proses pembelajaran terhadap minat membaca siswa di
MAN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah
angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di MAN Yogyakarta 1 yang
berjumlah 60 siswa/i. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 60 terdapat di f
tabel df= N-2 df=60-3=57 pada taraf signifikansi 5% adalah 3,159. Penggunaan
gawai dan proses pembelajaran terhadap tingkat minat membaca siswa sebesar
10,192 > 0,355. Signifikansinya 0,000 < 0,05 Ho ditolak sedangkan Ha diterima,
yang berarti variabel-variabel independent secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap variabel dependent,sedangkan variabel gawai (X1) secara
parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membaca siswa. | en_US |