Show simple item record

dc.contributor.advisorNadia Wasta Utami S.I.Kom., M.A
dc.contributor.authorAulia Dining Fitriana, 13321046
dc.date.accessioned2018-10-08T12:38:53Z
dc.date.available2018-10-08T12:38:53Z
dc.date.issued2018-09-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11052
dc.description.abstractPT. RAPP merupakan salah satu perusahaan multinasional yang ada di Pangkalan Kerinci-Pelalawan, Riau. harus melakukan Corporate Social Responsibillity (CSR) agar masyarakat menerima perusahaan. salah satunya dengan pemberdayaan dalam program Rumah Batik Andalan. Penulis merumuskan dua rumusan masalah, yaitu: Bagaimana Implementasi CSR PT. RAPP dan bagaimana faktor pendorong dan penghambat yang dihadapi PT. RAPP dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar studi deskriptif Rumah Batik Andalan. Menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat dari hasil wawancara langsung antara penulis dengan Regional Coordinator Lowland Community Development, Community Development Coordinator, Ketua Pengurus Rumah Batik Andalan, anggota Rumah Batik Andalan. Sedangkan data sekunder, didapat dari pengamatan dan buku-buku literatur, website, dan dokumen-dokumen perusahaan ataupun sumber lain yang masih relevan dengan masalah yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan implementasi CSR PT. RAPP serta menjelaskan permasalahan, peluang serta hambatan yang dihadapi dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar studi deskriptif Rumah Batik Andalan. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Yang pertama, komitmen dan aktivitas kegiatan CSR PT. RAPP merujuk kepada elemen Good Corporate Responsibility dalam aspek perilaku perusahaan. Dimana aktivitas CSR program Rumah Batik untuk mengangkat perekonomian keluarga sehingga dapat merubah keadaan sebelumnya menjadi lebih baik. Dengan menerapkannya komitmen ini dapat menyadarkan suatu perusahaan dalam kegiatan operasionalnya memiliki tanggung jawab selain pada shareholder juga pada stakeholder. Kedua, program CSR yang dilaksanakan PT. RAPP mengacu pada konsep yang dapat merangkul 3 pilar pembangunan berkelanjutan seperti konsep 3P : People (sosial), Profit (ekonomi) dan Planet (lingkungan). Namun dalam prakteknya konsep planet masih dikesampingkan karena masih berfokus pada pemberdayaan manusia. Ketiga, beberapa tahapan pelaksanaan kegiatan dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat. (1) Tahap seleksi lokasi dimana Kabupaten Pelalawan ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan produksi karena dinilai mempunyai potensi untuk mengangkat daerah Pelalawan dimana juga menjadi tempat operasional perusahaan. (2) Tahap sosialiasi pembangunan berbasis masyarakat. (3) Tahap pembangunan berbasis masyarakat sebaagai tahap pelaksanaan program kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup. (4) Tahap pemandirian masyarakat, berupa kegiatan pendampingan untuk menyiapkan masyarakat agar mandiri dalam mengelola sendiri program kegiatannya. Keempat, faktor pendorong dalam pelaksanaan program CSR Rumah Batik Andalan (1) komitmen yang kuat dari CD PT. RAPP dalam pelaksanaan program CSR. (2) mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat sehingga memperlancar berjalannya program. (3) Besarnya modal bantuan yang tidak hanya berupa materi namun juga non materi dari PT. RAPP. Berupa fasilitas pembekalan keterampilan, fasilitas tempat produksi dan modal membuka usaha yang diberikan perusahaan untuk mendukung kegiatan program Rumah Batik Andalan. (4) Memiliki jaringan kerja yang luas baik ke pemerintah maupun non pemerintah yang dapat membantu dalam mengembangkan pelaksanaan program Rumah Batik Andalan. Kelima, xiv faktor penghambat dalam pelaksanaan program CSR Rumah Batik Andalan (1) Terbatasnya sumber daya manusia khususnya sumber daya perempuan CD PT.RAPP dalam pelaksanaan program Rumah Batik Andalan. (2) beberapa fasilitas bantuan yang diberikan PT. RAPP terhadap program Rumah Batik Andalan dikhawatirkan nantinya bisa menjadi “bomerang” sendiri yang memungkinkan masyarakat menjadi semakin bergantung oleh perusahaan. (3) Fokus CD dalam melaksanakan Program pemberdayaan manusia masih mengesampingkan pemberdayaan lingkungan karena belum sanggup untuk membuat kebijakan menggunakan bahan alami. Hal ini akan menimbulkan kehancuran untuk keberadaan perusahaan RAPP juga masyarakatnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPT. RAPPen_US
dc.subjectCSRen_US
dc.subjectCommunity Developmenten_US
dc.subjectRumah Batik Andalanen_US
dc.titleIMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. RIAU ANDALAN PULP AND PAPER (RAPP) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN SEKITAR (STUDI PADA RUMAH BATIK ANDALAN )en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record