HUBUNGAN GANGGUAN SUBJEKTIF KEBISINGAN KERETA API TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SD NEGERI WIDORO YOGYAKARTA
Abstract
Sekolah seharusnya menciptakan suasana yang tenang dan kondusif demi terciptanya proses pembelajaran yang maksimal. Karena gedung sekolah yang dibangun posisinya berdekatan dengan rel kereta api, maka gedung tersebut akan sangat rawan sekali terhadap kebisingan dan dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar siswa di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kebisingan yang di timbulkan dari kereta api terhadap ruang kelas dan untuk mengetahui hubungan antara kebisingan kereta api terhadap konsentrasi belajar siswa dan siswi Sekolah Dasar Negeri Widoro Yogyakarta. Hipotesis pada penelitian yaitu ada hubungan antara kebisingan kereta api terhadap konsentrasi belajar siswa dan siswi Sekolah Dasar Negeri Widoro Yogyakarta. Subjek penelitian ini terdiri dari 78 siswa dan siswi. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebisingan di SD Negeri Widoro telah melebihi nilai ambang batas yang telah ditetapkan oleh KepMen LH No. 48/MNLH/11/1996 mengenai batasan nilai tingkat kebisingan untuk kawasan sekolah dan sejenisnya. Dan terdapat hubungan antara kebisingan kereta api terhadap konsentrasi belajar siswa dan siswi SD Negeri Widoro Yogyakarta dengan nilai p = 0,000 (p < 0,005).
Collections
- Environmental Engineering [1430]