INTEGRASI LEAN SERVICE DAN SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU DI RESTAURANT CEPAT SAJI ( Studi kasus di Jank Jank Wings )
Abstract
Pada tahun 2015 muncul sebuah perusahan makanan yang terkenal denga nama Jank Jank Wings ditengah banyaknya perkembangan indusri makanan. Banyaknya pertumbuhan dan perkembangan dalam sektor industri makanan mebuat pelanggan menginginkan utuk mendapatkan pelayanan yang baik dan cepat sesuai yang di pesan, pada perusahaan ini memiliki konsep makanan cepat saji namun terdapat permasallahan yaitu para pelanggan yang ada harus menunggu selama sebelas menit untuk mendapatkan makananya, proses yang lama akan mengurangi tingkat kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan. Dalam penelitian ini penerapan konsep Lean service digunakan untuk memperbaiki sistem yang ada agar prosesyang ada akan lebbih cepat. Diman nantinya konsep Lean service ini akan digabungkan dengan konsep DMAIC agar mendapatkan analisis yang mendalam serta ada sebuah peningkatan untuk mengatasi waktu proses yang lama, berdasarkan VSM diketahui bahwa masalah yang ada terjadi pada saat pencelupan ayam ke dalam saus yang berakibat pada pelayanan kepada konsumen menjadi terhambat, sehingga dilakukan perubahan pada proses pemberian saus. Perubahan yang dilakukan adalah dengan mengganti proses yang ada menjadi penyiraman saus diatas ayam. Perubahan sistem ini akan meningkatkan waktu proses menjadi 5 detik dan mengurangi waktu tunggu menjadi 7 menit.
Collections
- Industrial Engineering [2224]