PENGEMBANGAN GAME PLATFORM “ADVENTURE OF TOM THE BLACK HAIR” DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN METODE FINITE STATE MACHINE
Abstract
Game merupakan sebuah permainan dari perkembangan teknologi yang sangat diminati oleh semua kalangan masyarakat, terutama anak-anak. Kesenangan yang disebabkan oleh game menyebabkan anak-anak lebih meminati game daripada membaca buku pelajaran. Sedangkan kewajiban utama mereka adalah belajar. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut perlu dikembangkan sebuah game dengan genre edukasi agar anak-anak ketika bermain game tidak hanya mengisi waktu luang melainkan sambil belajar. Game ini dikembangkan dengan menggunakan metode Finite State Machine. Pengembangan game dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan untuk menggambarkan karateristik game yang dibuat. Hasil analisis kebutuhan selanjutnya digambarkan dalam skema perancangan game. Konsep game ini dirancang agar pemain menelusuri beberapa lokasi dan mengumpulkan beberapa kunci dengan menjawab pertanyaan dari setiap Non Playable Character (NPC) utama. Pertanyaan yang disajikan berupa mata pelajaran agama islam dengan level kesulitan standar bagi anak – anak. Kunci – kunci yang didapatkan berfungsi untuk membuka kotak harta karun yang ada pada lokasi terakhir. Dalam game ini terdapat 1 karakter utama dan beberapa karakter lain sebagai Non Playable Character (NPC), serta terdapat 4 lokasi yang harus dilalui agar pemain dapat memenangkan game ini.
Collections
- Informatics Engineering [2143]