Pengaruh Kepemimpinan Motivasi Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru TK/RA di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan dan simultan terhadap kinerja guru TK/RA di Kecamatan Pleret ?
Penelitian ini merupakan penelitian tipe statistik kuantitatif, yaitu membuat analisis perhitungan berdasarkan data yang ada dan medeskripsikannya secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki dengan tidak mengesampingkan bahwa akan adanya pembuktian hepotesa yang ada. 2) Variabel yang dikaji hanya beberapa variabel yang dapat mempengaruhi kinerja guru TK/RA, antara lain : Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin dan Lingkungan kerja 3) Lokasi penelitian ini adalah di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.
Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Kepemimpinan, Motivasi, Kedisiplinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru TK/RA di Kecamatan Pleret. Obyek penelitian Guru TK/RA dengan populasi sejumlah 150 Orang dan sampelnya sejumlah 75 Orang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Uji regresi diketahui bahwa variabel Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin dan lingkungan kerja ada pengaruh positif terhadap kinerja guru TK/RA di Kecamatan Pleret; 2) Uji t diketahui bahwa Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja guru TK/RA di Kecamatan Pleret; 3) Uji F diketahui bahwa Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja guru TK/RA di Kecamatan Pleret; 4) Uji ketepatan perkiraan diperoleh nilai atau angka Adjusted R square sebesar 0.862 atau 86.2 %. yang berarti variabilitas variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel independen sebesar 86.2% sedangkan sisanya (13.8%) dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model regresi.