PENGARUH ERPsim TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH SISTEM APLIKASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (Studi Empiris Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Saat ini banyak Program Studi Akuntansi sudah banyak yang memasukkan mata kuliah Sistem Enterprise dalam kurikulum. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bisnis proses terintegrasi dan penggunaan software enterprise di dunia bisnis riil. Tantangan pembelajaran Program Studi Akuntansi adalah memahamkan bisnis proses menggunakan ERP sistem tanpa terlibat langsung praktik bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk menguji bagaimana ERPsim dapat menaikkan hasil belajar siswa yang dipahami dalam pembelajaran mata kuliah Sistem Enterprise. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Sistem Enterprise dan sudah bermain ERPsim. Sampel yang digunakan adakah 97 responden menggunakan purposive sampling, mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Sistem Enterprise dan telah bermain ERPsim. Analisis dilakukan mengunakan uji statistic Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian
xvi
ini menunjukan bahwa dua hal yang pentin dalam pembelajaran enterprise system yaitu rasa senang dan penilaian kognitif, saling berhubungan selama keterlibatan mahasiswa bermain ERPsim. Hasil penelitian ini juga memberikan bukti bahwa niat perilaku menggunakan ERPsim berpangaruh positif terhadap hasil belajar. Rasa senang berpengaruh positif terhadap penilaian kognitif dalam menggunakan ERPsim. Dengan demikian rasa senang dan penilaian kognitif memiliki peran penting dalam mengefektivitaskan ERPsim dalam mempelajari proses bisnis dan Sistem Enterprise.
Collections
- Akuntansi [4399]