Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Uii
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UII. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 6 orang mahasiswa kelompok eksperimen dan 6 orang mahasiswa kelompok kontrol. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala efikasi diri akademik yang disusun berdasarkan aspek–aspek yang diungkapkan oleh Bandura (1997). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Mann Whitney U Test. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat efikasi diri akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UII sebelum dan sesudah diberi pelatihan (μ prates = 6.25, μ = 9.50, Z = -2.898, dimana p < 0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa baru.
Collections
- Master of Psychology [374]