Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Sumedi P. Nugraha, Ph.D., Psikolog
dc.contributor.advisorRatna Syifa’a Rachmahana, S. Psi., M. Si., Psikolog
dc.contributor.authorFEBRIANA PRIHASTUTI
dc.date.accessioned2018-09-03T10:06:12Z
dc.date.available2018-09-03T10:06:12Z
dc.date.issued2018-07-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10392
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UII. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 6 orang mahasiswa kelompok eksperimen dan 6 orang mahasiswa kelompok kontrol. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala efikasi diri akademik yang disusun berdasarkan aspek–aspek yang diungkapkan oleh Bandura (1997). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Mann Whitney U Test. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat efikasi diri akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UII sebelum dan sesudah diberi pelatihan (μ prates = 6.25, μ = 9.50, Z = -2.898, dimana p < 0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa baru.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfikasi Diri Akademiken_US
dc.subjectPelatihan Berpikir Positifen_US
dc.subjectMahasiswa Baru Fakultas Kedokteranen_US
dc.titlePengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Uiien_US
dc.typeMaster Thesisen_US
dc.Identifier.NIM14915031


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record