dc.contributor.advisor | Drs. Sumedi P. Nugraha, Ph.D., Psikolog | |
dc.contributor.advisor | Ratna Syifa’a Rachmahana, S. Psi., M. Si., Psikolog | |
dc.contributor.author | FEBRIANA PRIHASTUTI | |
dc.date.accessioned | 2018-09-03T10:06:12Z | |
dc.date.available | 2018-09-03T10:06:12Z | |
dc.date.issued | 2018-07-17 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10392 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UII. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 6 orang mahasiswa kelompok eksperimen dan 6 orang mahasiswa kelompok kontrol. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala efikasi diri akademik yang disusun berdasarkan aspek–aspek yang diungkapkan oleh Bandura (1997). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Mann Whitney U Test. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat efikasi diri akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UII sebelum dan sesudah diberi pelatihan (μ prates = 6.25, μ = 9.50, Z = -2.898, dimana p < 0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa baru. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Efikasi Diri Akademik | en_US |
dc.subject | Pelatihan Berpikir Positif | en_US |
dc.subject | Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran | en_US |
dc.title | Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Uii | en_US |
dc.type | Master Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 14915031 | |