ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN KONSUMEN PRODUK DAUR ULANG
Abstract
Recycling (mendaur ulang) adalah pemanfaatan bahan buangan untuk diproses kembali menjadi barang yang sama atau menjadi bentuk lain. Mendaur ulang diartikan mengubah sampah menjadi produk baru, khususnya untuk barang-barang yang tidak dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama. Industri produk daur ulang saat ini sudah ada namun masih kurang diminati oleh masyarakat luas. Salah satu untuk meningkatkan skala bisnis adalah dengan meningkatkan dan menerapkan dari beberapa faktor seperti kualitas dan desain serta harga yang dapat menentukan keputusan pembelian produk daur ulang. Oleh karena itu diadakannya penelitian tentang analisis respon konsumen produk daur ulang terhadap faktor-faktor keputusan pembelian produk daur ulang. Pengambilan sampel secara online, yang menargetkan kepada konsumen Butik Daur Ulang Project B Indonesia yang berada di Yogyakarta. Analisis yang dilakukan secara deskriptif dan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) adalah untuk mendapatkan keterkaitan antar variabel. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor kualitas dan desain produk serta harga sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk daur ulang. Selanjutnya, berdasarkan tabel uji T, keterkaitan antar variabel kualitas dan desain terhadap harga mendapatkan hasil signifikan dengan nilai sebesar 4,71, variabel kualitas dan desain terhadap keputusan pembelian mendapatkan hasil signifikan dengan nilai 5,83, dan variabel harga terhadap keputusan pembelian mendapatkan hasil signifikan dengan nilai 3,02.
Collections
- Environmental Engineering [1430]