ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MEMPENGARUHI PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP SISTEM E-SAMSAT JOGJA SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TAHUNAN DI KOTA YOGYAKARTA ( Studi Kasus Pada Samsat Kota Yogyakarta )
Abstract
Secara konseptual, konsep dasar dari e-government yakni bagaimana memberikan pelayanan kepada publik/masyarakat melalui media elektronik (e-service). E-samsat merupakan terobosan pemerintah dalam memberikan layanan bagi masyarakat untuk memenuhi keawajibannya dalam membayar pajak kendaraan bermotor yang mereka miliki. Tujun penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan masyarkat Kota Yogyakarta terhadap sistem E-samsat. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan model UTAUT yang telah di modifikasi oleh Carter. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan Kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Yogyakarta. Jumlah responden dari penelitian ini sejumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Model) dengan menggunakan softwere SMART PLS 3.0. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa varibel ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kepercayaan diri berpengaruh signifikan, sedangkan variabel ekspektasi kinerja, persepsi kontrol kemanan, dan kepercayaan terhadap pihak perantara tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat kota Yogyakarta untuk menggunakan sistem E-samsat.
Collections
- Akuntansi [4660]