Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd.,
dc.contributor.authorBambang Kiswanto, 15913205
dc.date.accessioned2018-08-29T10:37:12Z
dc.date.available2018-08-29T10:37:12Z
dc.date.issued2018-08-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10122
dc.description.abstractPenelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Hidayatullah Sleman. Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti mengamati tentang “Peran Kepala Madrasah dalam Manajemen Pendidikan di Madrasah Aliyah Hidayatullah Sleman”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pengamatan partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menentukan informan, menggunakan teknik purposive. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis interaktif dari Milles dan Hubberman, yang terdiri dari tiga hal utama, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil temuan penelitian, bahwa: (a) Proses Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Aliyah Hidayatullah berjalan dengan cukup baik serta dilaksanakan dengan melibatkan seluruh komponen warga madrasah. Dengan merumuskan visi, misi, dan tujuan madrasah, Identifikasi faktor-faktor pendukung. penghambat. (b) Pengorganisasian pelaksanaan kepala madrasah dalam Manajemen Pendidikan dilaksanakan dengan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan melibatkan semua guru, dan pelaksanaannya meniti pada enam aspek; Input, SDM guru, saran prasarana, kurikulum, keuangan dan HUMAS. (c) Bentuk pengawasan dan evaluasi kepala madrasah dalam manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Hidayatullah Sleman berjalan dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan dua teknik pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh kepala madrasah, dan menekankan pada proses KBM. (d) Faktor-faktor pendukungnya, lokasi pendidikan yang berada di jalur strategis, danya kekompakan dari masing-masing guru, sarana dan prasarana yang cukup memadai, adanya dukungan dari masyarakat dan alumni. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya, masalah pendanaan, adanya lokasi pendidikan yang begitu dekat, adanya SDM yang masih belum sesuai dengan keinginan, kurangnya dukungan dan keterlibatan dari pemerintah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeran Kepala Madrasahen_US
dc.subjectManajemenen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.titlePERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH HIDAYATULLAH SLEMANen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record