PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH HIDAYATULLAH SLEMAN
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui manajemen pendidikan di
Madrasah Aliyah Hidayatullah Sleman. Dari latar belakang masalah tersebut, maka
peneliti mengamati tentang “Peran Kepala Madrasah dalam Manajemen Pendidikan
di Madrasah Aliyah Hidayatullah Sleman”.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif.
Data diperoleh melalui pengamatan partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi.
Sedangkan dalam menentukan informan, menggunakan teknik purposive.
Selanjutnya data dianalisis dengan analisis interaktif dari Milles dan Hubberman,
yang terdiri dari tiga hal utama, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil temuan penelitian, bahwa: (a) Proses Perencanaan Manajemen
Pendidikan di Madrasah Aliyah Hidayatullah berjalan dengan cukup baik serta
dilaksanakan dengan melibatkan seluruh komponen warga madrasah. Dengan
merumuskan visi, misi, dan tujuan madrasah, Identifikasi faktor-faktor pendukung.
penghambat. (b) Pengorganisasian pelaksanaan kepala madrasah dalam Manajemen
Pendidikan dilaksanakan dengan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan melibatkan
semua guru, dan pelaksanaannya meniti pada enam aspek; Input, SDM guru, saran
prasarana, kurikulum, keuangan dan HUMAS. (c) Bentuk pengawasan dan evaluasi
kepala madrasah dalam manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Hidayatullah
Sleman berjalan dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan dua teknik
pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh kepala madrasah, dan menekankan
pada proses KBM. (d) Faktor-faktor pendukungnya, lokasi pendidikan yang berada
di jalur strategis, danya kekompakan dari masing-masing guru, sarana dan
prasarana yang cukup memadai, adanya dukungan dari masyarakat dan alumni.
Sedangkan faktor-faktor penghambatnya, masalah pendanaan, adanya lokasi
pendidikan yang begitu dekat, adanya SDM yang masih belum sesuai dengan
keinginan, kurangnya dukungan dan keterlibatan dari pemerintah.