PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI MADRAAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN-YOGYAKARTA THE INFLUENCE OF SKILLS TEACHING AQIDAH TEACHER ON THE LEARNING LEARNING LEARNING CLASS XI IN MADRAAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN-YOGYAKARTA
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh keterampilan mengajar guru aqidah akhlak terhadap minat belajar siswa kelas XI di MAN 5 Sleman Yogakarta.Subjek Penelitian (responden) adalah seluruh siswa kelas XI MAN 5 Sleman Yogyakarta Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling diperoleh sampel sebanyak 30 siswa dari populasi 209 siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru aqidah akhlak berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 2,634, koefisien regresi (b) sebesar 0,485, nilai signifikansi (p) sebesar 0,014 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,199 atau 17 % yang dapat diartikan bahwa 17 % minat belajar dipengaruhi oleh keterampilan mengajar guru, sedangkan sisanya sebesar 83 % dipengaruhi oleh variabel lain,yaitu : 1. Faktor internal (motivasi,cita-cita,bakat). 2. Faktor eksternal ( teman pergaulan,lingkungan dan fasilitas)
Collections
- Islamic Education [918]