Implementasi Model IndoBERT Pada Sentimen Opini Masyarakat Terkait Pilpres 2024
Abstract
Pemilihan presiden atau lebih dikenal dengan Pilpres adalah salah satu proses
demokratis yang dimana warga negara Indonesia memiliki kesempatan untuk
memilih para pemimpin dan mewakili pemerintah melalui Pemilihan presiden.
Pilpres sendiri merupakan sebuah fondasi dari sistem demokrasi yang berfungsi
dengan memberikan hak suara kepada rakyat. Partai politik dan capres akan
memahami opini publik untuk mengidentifikasi isu-isu penting dan kekhawatiran
utama masyarakat hal ini biasanya dilakukan sebelum para calon melakukan
kampanye, sehingga saat melakukan kampanye para capres bisa menyampaikan
visi dan misi terkait isu-isu yang sering dibicarakan. Setelah melakukan
kampanye, penting bagi para calon untuk memperhatikan dampak dari hasil
kampanye yang telah dilakukan dan melihat seberapa besar perubahan yang
terjadi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui
kecenderungan sentimen serta isu-isu yang di bahas oleh masyarakat terkait
Pilpres 2024 baik sebelum masa kampanye, saat masa kampanye, dan setelah
masa kampanye. Dalam pengambilan informasi tersebut pada penelitian ini,
klasifikasi sentimen dilakukan dengan menggunakan model IndoBERT yang
berbasis NLP (Natural Language Processing) dengan memanfaatkan arsitektur
BERT. Dengan menggunakan model IndoBERT didapatkan nilai akurasi pada
sebelum masa kampanye sebesar 83%, saat masa kampanye sebesar 86%, dan
setelah masa kampanye sebesar 83%, sehingga model mampu mendeteksi
sentimen pada suatu kalimat dengan baik. Sentimen masyarakat terhadap Pilpres
2024 cenderung positif untuk ketiga masa.
Collections
- Statistics [969]