Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen terhadap Penggunaan Financial Technology Syariah Syarq Sebagai Platform Cicilan Online Syariah ( Pendekatan TAM dan TPB )
Abstract
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN TERHADAP FINANCIAL TECHNOLOGY SYARIAH SYARQ SEBAGAI PLATFORM CICILAN ONLINE SYARIAH (PENDEKATAN TAM DAN TPB)
Oleh
Tri Yuniati
(15423072)
Penelitian ini menganalisa faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadap pengguna layanan SyarQ sebagai platform cicilan online syariah yang menggunakan integrasi teori TAM dan TPB. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi minat seseorang dalam menggunakan layanan SyarQ sebagai wadah cicilan secara online berbasis syariah dengan pendekatan model teknologi TAM dan TPB. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dan eksploratif dengan menggunakan pengujian hipotesis metode SEM untuk membuktikan pengaruh hipotesis pada penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dalam bentuk google form untuk disebarkan ke pengguna layanan SyarQ dan komunitasnya. Sampel yang didapatkan sebanyak 100 responden dan dianalisis dengan aplikasi Software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini bahwa minat dalam penggunaan layanan SyarQ sebagai wadah cicilan online dengan akad syariah (Murabahah) dipengaruhi oleh sikap atau perilaku memiliki pengaruh besar terhadap minat perilaku menggunakan sebuah layanan teknologi.
Kata Kunci : Murabahah, Technology Acceptance Model, Theory Planned Behavior, Minat, Sikap, Structural Equation Modeling (SEM)
Collections
- Islamic Economics [823]