Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat pengguna E-wallet (electronic wallet) sebagai alat transaksi terhadap mahasiswa di Yogyakarta (Studi Kasus : Mahasiswa Pengguna Layanan E-Wallet OVO di Yogyakarta)
Abstract
Perkembangan transaksi online yang bertambah pesat mengakibatkan adanya berbagai macam teknologi baru pada aspek keuangan, contohnya yaitu e-wallet. Tercatat 38 e-wallet di Indonesia yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia contohnya yaitu OVO. Persaingan antar e-wallet mengakibatkan OVO yang juga sebagai e-wallet terkenal kedua di Indonesia, terus menjalankan berbagai inovasi guna meningkatkan pemakaian OVO. Disisi lain, e-wallet OVO juga terus berusaha guna mengenalkan masyarakat dengan berbagai promosi. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui sejauh mana pengaruh dari persepsi kepercayaan, Keamanan, Kemudahan, Manfaat, Risiko, dan Persepsi konsumtif baik dengan parsial ataupun simultan terhadap keputusan pemakaian e-wallet OVO oleh mahasiswa di Yogyakarta. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif asosiatif. Responden yang ditentukan sejumlah 100 orang dari 4 Universitas unggulan di Yogyakarta dengan memakai teknik convenience sampling. Pemrosesan data memakai analisis linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 21. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif serta signifikan baik dengan parsial ataupun simultan antara variabel Persepsi Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan, Manfaat, Risiko, dan Persepsi konsumtif terhadap keputusan penggunaan e-wallet OVO.
Kata Kunci: Persepsi Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan, Manfaat, Risiko, dan Persepsi konsumtif, keputusan penggunaan, dompet elektronik
Collections
- Akuntansi [4660]