Implementasi Isi Kandungan Kitab Ta’lim Al-Muta’alim dalam Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Al-As’ariyyah Kalibeber Wonosobo
Abstract
Implementasi Isi Kandungan Kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam Pembentukkan Etika Belajar Santri MA Ponpes Al-As’ariyyah Kalibeber Wonosobo
Oleh :
Ariful Misbachudin (13422022)
Kitab Ta‟lim al-Mutta‟allim merupakan literature klasik yang membahas tentang etika belajar yang mengedepankan akhlak. Meskipun kecil dan judul yang seakan-akan hanya membahas metode belajar, sebenarnya kitab ini juga membahas tujuan, prinsip dan strategi belajar yang berdasar pada moral religius.
Melihat peserta didik di kalangan santri belakangan ini, sangat menarik untuk dibahas terkait etika belajar. Dalam penelitian ini akan membahas tentang etika belajar santri Pondok Pesantren Al-As‟ariyyah Kalibeber Wonosobo. Dalam peneltian ini akan dibahas tentang konsep pendidikan yang ditawarkan oleh Imam az-Zarnuji dalam Kitab Ta‟lim al-Muta‟allim yang akan di refleksikan terhadap kehidupan santri dalam melaksanakan pembelajaran di pesantren.
Skripsi ini meneliti secara mendalam tentang implementasi kitab Ta‟lim Al- Muta‟allim dalam pembentukan etika belajar santri Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dipergunakan, karena penulis mencoba melihat, mengamati dan menelaah implementasi kitab Ta‟lim Al-Muta‟allim dalam pembentukan etika belajar santri, yang tidak mungkin dilakukan dengan analisa angka-angka dan statistik sebagaimana yang lazim dalam penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta‟lim Muta‟allim mengandung pendidikan akhlak yang berorientasi pada pembentukan etika belajar santri. Kitab Ta‟lim Al-Muta‟allim memberikan penuh perhatian pada cara-cara yang seharusnya dilakukan oleh penuntut ilmu. Dari semua bab yang ada dalam kitab ini, semuanya berkonsentrasi pada perbaikan akhlak, sehingga menjadikan ini kitab yang membahas tentang ilmu pengetahuan. Dari ilmu pengetahuan sebagian besar berkonsentrasi pada perbaikan akhlak yang harus dilakukan oleh peserta didik dalam menuntut ilmu. Tujuan pembelajaran kitab Ta‟lim al-Muta‟allim yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-As‟ariyyah Kalibeber Wonosobo adalah untuk membentuk kepribadian santri yang beradab dalam belajar dan meningkatkan semangat santri dalam menuntut ilmu untuk menghasilkan ilmu yang manfaat, bermanfaat untuk dirinya maupun untuk orang lain.
Kata Kunci: Kitab Ta‟lim al-Muta‟allim, Etika Belajar,implementasi
Collections
- Islamic Education [862]