Model Pembelajaran Afeksi Peserta Didik di Sdit Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman
Abstract
MODEL PEMBELAJARAN AFEKSI PESERTA DIDIK DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN
Oleh :
Rofik Kotun Nadilah
Pembelajaran afeksi adalah pembelajaran yang mempunyai tujuan bukan hanya untuk mencapai pendidikan koginitif saja, akan tetapi juga bertujuan untuk mencapai dimensi yang lainya, yaitu sikap dan ketrampilan. Namun hingga saat ini dalam praktiknya, proses pembelajaran di sekolah tampaknya lebih cenderung menekankan pada pencapaian perubahan aspek kognitif (intelektual), yang dilaksanakan melalui berbagai bentuk pendekatan, strategi dan model pembelajaran tertentu. Dari latar belakang tersebut penulis mencoba untuk meneliti apa saja model pembelajaran afeksi yang dilaksanakan di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman sebagai upaya dalam pembelajaran afeksi.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui model apa saja yang digunakan dalam pembelajaran afeksi di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala sekolah dan Waka Kurikulum SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan objek penelitian Kepala Sekolah dan Guru di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman. Pengabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi dan membercheck. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran afeksi yang digunakan di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman adalah model konsiderasi, model pembentukan rasional, klarifikasi nilai, pengembangan moral koginitif, dan model nondirektif. Model pembelajaran tersebut terkonsep dalam kurikulum khusus pembelajaran afeksi yang dibuat oleh SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman atau disebut dengan kurikulum lokal.
Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Afeksi
Collections
- Islamic Education [864]