Implementasi Pendekatan Design Thinking pada Startup Ayosparring
Abstract
Melihat dari antusiasme dari masyarakat khususnya anak muda yang menyukai olahraga sepakbola dan futsal dengan persentase 50,7% dibandingkan dengan olahraga lainnya. Untuk dari sepakbola dan futsal anak muda sekarang cenderung lebih memilih olahraga futsal karena lebih mudah dan tidak perlu mencari banyak orang untuk bermain, Namun, permasalahan yang sering dihadapi oleh pemain futsal adalah mengalami kesulitan jika ingin mencari lawan untuk sparing dan pada saat pemesanan lapangan untuk bermain. Oleh karena itu, perintisan bisnis ini mencoba untuk mengembangkan sebuah platform yang berbasis website yang diberi nama AyoSparring. Pendekatan yang digunakan adalah design thinking karena pendekatan ini lebih memfokuskan kepada sudut pandang dari calon pengguna sebagai sasaran pasar yang akan diambil ide dan konsep nya untuk penentuan solusi yang akan diterapkan. Dengan melalui tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test didapatkan berupa gagasan ide dan proses bisnis yang dituangkan pada diagram BPMN pada pengembangan startup AyoSparring. Hasil yang diambil berupa sasaran pasar, kategori fitur untuk AyoSparring, platform yang berbasis website, sistem ulasan dan laporkan, dan prototype dari AyoSparring.
Collections
- Informatics Engineering [2154]