Dashboard E-Procurement Berbasis Website Guna Monitoring dan Preventing Studi Kasus PT H.J. Glove Indonesia
Abstract
E-procurement adalah pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan
teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Eprocurement
yang digunakan oleh PT H.J Glove Indonesia belum dapat memenuhi kebutuhan
dalam hal monitoring purchase order, goods receive note, dan invoice pembelian. Dengan
dikembangkannya e-procurement ini diharapkan dapat mengurangi terjadinya kesalahan -
kesalahan dalam proses pengadaan barang/jasa serta meningkatkan efisiensi, efektifitas,
transparasi dan akuntabilitas dalam perusahaan.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka dikembangkan dashboard dari eprocurement
yang sudah ada guna memudahkan pihak perusahan memantau dan menjadi
acuan tindakan preventing dalam proses pengadaan barang/jasa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC).
Pengujian dashboard dilakukan dengan melakukan User Acceptance Test dan
wawancara setelah percobaan penggunaan dashboard pada pengguna dari karyawan PT H.J
Glove Indonesia. Pada User Acceptance Test dan wawancara didapat kesimpulan sistem yang
dibangun memberikan kemudahan dalam melakukan monitoring data, dengan tampilan yang
menarik dan mudah dimengerti.
Collections
- Informatics Engineering [2162]