Hubungan Motivasi Belajar dan Kerjasama Peserta Didik dalam Belajar Kimia
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui:1) hubungan antara motivasi belajar dengan kerjasama peserta didik dalam belajar kimia; 2) profil motivasi belajar peserta didik; 3) profil kerjasama peserta didik dalam belajar kimia pada dua sekolah menengah atas di Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah peserta didik yang berasal dari dua SMA di Yogyakarta meliputi: SMA N 1 Sleman dan SMA N 1 Turi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yatu teknik non tes dengan bentuk instrumen berupa angket. Instrumen motivasi belajar dan kerjasama yang berbentuk angket ini kemudian disebarkan secara daring/online melalui google formulir. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi parametric yaitu pearson product moment. Uji ini dilakukan untuk mengetahui derajat keeratan hubungan 2 variabel yang berskala interval atau rasio. Uji ini diawali dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas untuk menyelidiki data penelitian berdistribusi normal atau tidak normal dan uji linieritas untuk mengetahui data yang akan dianalisis menggunakan uji parametrik atau non parametrik. Hasil kedua uji tersebut menunjukkan bahwa data kedua variabel berdistribusi normal dan linier. Setelah dilakukan uji prasyarat, kemudian dilakukan uji korelasi. Dari uji korelasi, hasil penelitian yang didapat adalah 1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kerjasama pada SMAN 1 Sleman dimana nilai signifikansinya 0,000 dan nilai korelasinya 0,776. Namun tidak pada SMAN 1 Turi yang memperoleh nilai signifikansi 0,992 dan nilai korelasinya 0,005 sehingga tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kerjasama peserta didik dalam belajar kimia; 2) motivasi belajar peserta didik dalam belajar kimia pada dua sekolah menengah atas di Yogyakarta berada pada kategori baik; 3) kerjasama peserta didik dalam belajar kimia pada dua sekolah menengah atas di Yogyakarta berada pada kategori baik.
Collections
- Chemistry Education [324]