Motivasi Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di BCA Syariah Cabang Yogyakarta
Abstract
Perkembangan perbankan syariah yang tumbuh cukup pesat dalam
beberapa tahun terakhir menunjukkan minat masyarakat mengenai ekonomi
syariah semakin bertambah. Pada umumnya nasabah tertarik dengan perbankan
syariah, kemudian yang ditawarkan sistem ini terhadap nasabah, untuk itu
keuntungan perbankan syariah seperti mengharamkan riba dan penghapusan
bunga tentunya menarik beragam macam latar belakang nasabah. Salah satunya
adalah nasabah non muslim. Karena pada hakikatnya sistem syariah terbuka bagi
golongan atau latar nasabah manapun. Berdasarkan perkembangan tersebut untuk
itu perlu dilakukan penelitian secara mendalam dan komprehensif. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor persepsi, promosi, produk, bagi
hasil dan lokasi terhadap minat nasabah non muslim di BCA Syariah cabang
Yogyakarta, dan untuk mengetahui faktor manakah yang paling berpengaruh
terhadap minat nasabah non muslim menjadi nasabah di BCA syariah cabang
Yogyakarta. Objek penelitian penulis adalah nasabah non muslim di BCA syariah
cabang Yogyakarta. Dalam menganalisis penulis menggunakan metode
wawancara. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa terdapat 3
faktor yang mempengaruhi non muslim untuk memilih bank BCA syariah sebagai
intermediasi keuangan yaitu faktor persepsi, faktor produk dan faktor pelayanan.
Adapun faktor lain yang mempengaruhi nasabah non muslim untuk menggunakan
tabungan bank BCA syariah cabang Yogyakarta adalah faktor promosi dan lokasi.
Kedua faktor ini mempengaruhi nasabah non muslim untuk menggunakan
tabungan bank BCA syariah cabang Yogyakarta tetapi tidak menentukan pilihinya.
Collections
- Islamic Economics [826]