Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Hawasi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Seorang mahasiswa diperlukan fokus belajar di dalam kelas ataupun di luar kelas untuk mendapatkan prestasi yang memuaskan. Seorang mahasiswa yang memiliki hafalan Al-Qur’an atau sedang menghafal Al-Qur’an pun juga membutuhkan fokus yang berlebih agar kualitas hafalannya semakin membaik dari segi kualitas dana tau kuantitas. Sehingga dalam kurun waktu sehari, mahasiswa penghafal Al-Qur’an dituntut untuk memiliki fokus kepada tugasnya sebagai mahasiswa, juga amanahnya sebagai penghafal Al-Qur’an. Dari fenomena tersebut, peneliti bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh dan memperoleh seberapa besar pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap indeks prestasi mahasiswa Hawasi Universitas Islam Indonesia
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 42 mahasiswa yang tergabung dalam madrasatul Qur’an Hawasi Universitas Islam Indonesia. Teknik penelitian ini menggunakan teknik sampling karena jumlah mahasiswa di madrasatul Qur’an lebih dari 150. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/lembar kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis yang dibantu dengan program aplikasi Spss versi 26.0.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Intensitas menghafalAl-Qur’an termasuk kategori tinggi, yang dibuktikan dari nilai rerata 45 dari nilai maksimal kumulatif yaitu 68. 2) Indeks prestasi mahasiswa Hawasi dinyatakan pada predikat kategori cumlaude. Dibuktikan dari rerata nilai indeks prestasi mahasiswa hawasi sebesar 3,54. 3) Besarnya pengaruh intensitas menghafalAl-Qur’an terhadap indeks prestasi mahasiswa Hawasi Universitas Islam Indonesia sebesar 31,6% yang dibuktikan (R2 = 0,316 dan p = 0,000 < 0,05), dan sisanya merupakan variabel lain sebesar 68,4%.
Collections
- Islamic Education [864]