Pengaruh Influencer Dan Iklan Di Instagram Pada Pemasaran Pariwisata (Studi Kasus Explore Nusa Penida)
Abstract
Pengaruh Influencer dan Iklan di Instagram pada Pemasaran Pariwisata
(Studi Kasus Explore Nusa Penida)
Saat ini media sosial membuat wisatawan meninggalkan cara-cara tradisional atau
konvensional. Hal tersebut merupakan tantangan bagi para pelaku wisata agar tidak kehilangan
pelanggan dan dapat menarik pelanggan baru. Pelaku wisata dapat memanfaatkan media sosial
sebagai strategi pemasaran baru, yaitu dengan influencer ataupun iklan di media sosial.
Pemasaran dengan influencer dan iklan di media sosial juga dilakukan oleh Explore Nusa
Penida, salah satu penyedia jasa wisata ke Nusa Penida Bali yang memanfaatkan Instagram.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer dan iklan di Instagram terhadap
pemasaran Explore Nusa Penida, serta untuk mengetahui efektivitas keduanya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan data yang diperoleh dari
150 orang konsumen Explore Nusa Penida, dan analisis dilakukan dengan Structural Equation
Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan di Instagram lebih berpengaruh
dan lebih efektif terhadap pemasaran Explore Nusa Penida dibandingkan influencer.