IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA UII YOGYAKARTA
Abstract
Pendidikan karakter adalah sebuah sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter pada
peserta didik, yang mengandung komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekad serta adanya
kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai, baik terhadap Tuhan yang Maha Esa, diri
sendiri, sesama manusia, lingkungan, maupun bangsa, sehingga akan terwujud insan kamil. hal
ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang tertuang dalam undang-undang dasar no 20 tahun 2003
yang menyatakan bahwa: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter dalam
Pembelajaran PAI di SMA UII Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif.Subjekpenelitianyaadalahkepalasekolah, gurumatapelajaran PAI,
danseluruhsiswakelassepuluh, Teknikpengumpulan data denganmenggunakanwawancara,
observasi, dandokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Pendidikan karakter yang diterapkan antara lain: religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, gemar
membaca, peduli lingkungan dan peduli sesama.
Collections
- Islamic Economics [823]