Analisis Kepuasan Customer terhadap Pelayanan Telkom (Studi Kasus di FT. Telkom Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecendrungan kepuasan
customer alau konsumen scbagai pengguna jasa telkom terhadap pelayanan
administrasi, kecepatan penanganan dan pembayaran tagihan pulsa berdasarkan
segmentasi pelanggan yang telah ditetapkan oleh PT. Telkom Yogyakarta yaitu
segmen bisnis, perumahan dan sosial.
Waktu dan tempat penelitian adalah pada bulan November 2001 dan
bertempat di PT. Telkom Area Retail Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh pengguna jasa PT. Telkom Yogyakarta. Yang dijadikan sampel
dalam penelitian ini berjumlah 100 dari tiga segmentasi pelanggan yang diteliti.
Untuk mengambil sampel digunakan teknik sampel random. Alat pengumpul data
yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner atau angket. Kesahihan
instrumen diperoleh melalui uji validitas dengan menggunakan korelasi Spearman
dan uji reliabilitas instrumen yang juga menggunakan rumus Spearman. Teknik
analisis datayang digunakan adalah teknik analisis datakualitatifyangmelibatkan
dua faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pelayanan administrasi,
kecepatan penanganan dan pembayaran tagihan pulsa di PT. Telkom Yogyakarta
tidak terdapat hubungan atau interaksi, namun cenderung merasa puas baik dari
segmen bisnis, perumahan maupun sosial.
Collections
- Statistics [899]