Evaluasi Tingkat Pelayanan Bank Negara Indonesia Terhadap Mahasiswa Universitas Jend. Soedirman Purwokerto (Studi Kasus di PT.BNI (PERSERO) Tbk, Cabang Pembantu Universitas Jend. Soedirman, Purwokerto)
Abstract
Perkembangan perbankan dalam dua dasawarsa terakhir ini menunjukkan perubahan
yang dinamis dilihat dari berbagai indikator seperti jumlah bank, jumlah kantor
cabang, jumlah dana pihak ke-tiga, jumlah kredit yang diberikan, serta jumlah produk
dan jasa keuangan yang tersedia. Hal ini terjadi juga pada PT. BNI PERSERO Tbk,
yang meningkatkan fasilitas dan pelayanan guna memuaskan nasabahnya.
Penelitian ini dilakukan di PT. BNI (PERSERO) Tbk. Cabang Universitas
Jend. Soedirman Purwokerto dan dikhususkan untuk nasabah yang juga merupakan
mahasiswa Universitas Jend. Soedirman Purwokerto. Analisis kualitas pelayanan
diukur dengan menggunakan metode servqual, yang mempunyai tujuan untuk
mengetahui apakah kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak bank telah sesuai
dengan harapan kualitas pelayanan yang diinginkan oleh pengguna jasa. Bila belum
sesuai maka dengan analisis servqual dapat diketahui besarnya kesenjangan yang ada.
Kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan masih terjadi kesenjangan
(gap) antara layanan yang diharapkan konsumen dengan kinerja (persepsi) yang telah
dilakukan. Kesenjangan terbesar terjadi pada variabel prosedur yang diberikan
perusahaan terhadap nasabahnya (-1,00). Sedangkan kesenjangan yang berada diatas
rata-rata adalah pengetahuan dan kecakapan karyawan dalam melayani nasabah
(-0,25) dan variabel kesopanan dan kerapian karyawan (-0,26).
Dari analisis diagram kartesius,variabel yang harus dilakukan perbaikan oleh
pihak PT. BNI (PERSERO) Tbk. Cabang Universitas Jend. Soedirman Purwokerto
berdasarkan tingkat kesenjangannya adalah: kecepatan karyawan dalam merespon
kebutuhan nasabah(-0.99), efisiensi dan efektifitas kinerja dari karyawan (-0.95),
pertanggungjawaban karyawan bila terjadi kesalahan pelayanan (-0.89), hubungan
yang terjalin antara perusahaan dengan nasabah (-0.88).
Collections
- Industrial Engineering [2220]