Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Buku Tiga Serangkai Yogyakarta
Abstract
Marketing Mix merupakan suatu komponen penting dalam menyusun
strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi. Toko
Buku Tiga Serangkai merupakan salah satu toko buku yang ada di Yogyakarta
yang beralamatkan di jl. Gejayan no.3A Ring Road Condong Catur Sleman.
Perkembangan toko buku di Yogyakarta sangat pesat dan mempengaruhi tingkat
kompetisi antar toko buku, sehingga diperlukan suatu strategi pemasaran yang
dapat menciptakan kepuasan konsumen terhadap produk, harga, promosi maupun
distribusi.
Kepuasan konsumen dapat terjadi jika konsumen merasa harga, produk,
promosi dan distribusi sudah sesuai dengan keinginan konsumen. Oleh karena itu
penulis bermaksud mengetahui apakah marketing mix mempunyai pengaruhyang
positif terhadap kepuasan konsumen dan variabel marketing mix mana yang
paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Toko BukuTiga Serangkai
Yogyakarta. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel dependen (kepuasan
konsumen) dan variabel independen (marketing mix) yang terdiri dari produk,
harga, promosi dan distribusi (lay out).
Dalam memecahkan masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan
persepsi konsumen serta analisis regresi linier berganda, uji secara parsial dan uji
serentak. Berdasarkan dari hasil analisis dapat diketahui bahwa marketing mix
mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen dan diketahui
bahwa variabel marketing mix yang mempunyai sumbangan paling besar dalam
membentuk kepuasan konsumen pada Toko Buku Tiga Serangkai adalah variabel
produk.
Collections
- Economics [2163]