Mengukur Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia dengan Analisis Tingkat Kepentingan dan Kepuasan Pelanggan
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Jalan Cik Ditiro
No.29 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan dari
nasabah Bank BRI terhadap pelayanan yang telah diberikan sebingga membantu
kinerja Bank BRI agar tercapai peningkatan kualitas yang baik melalui penenruan
proritas yang utama. Sampel yang diambil adalah nasabah Bank BRI sebanyak
100 responden dengan menggunakan teknik sampling accidental sampling,
analisis yang digunakan adalah anahsis tingkat kepentingan dan kinerja/kepuasan
pelanggan/Important and Performance Analysis. Analisis ini menggunakan
diagram kartesius dengan membagi empat kuadran. Yang menjadi perhatian
utama dalam anahsis ini adalah pada kuadran VI. Hasil dari penelitian ini dan
yang menjadi perhatian utama Bank BRI yaitu: perhatian teller kepada para
nasabah, kesungguhan para kaiyawan dalam melayani nasabah, waktu menunggu
ketika di antrian, keberadaan mesin ATM BRI, dan tingkat suku bunga yang
diberikan oleh bank.
Collections
- Economics [2260]