dc.contributor.advisor | Drs. H. Imam Mujiono, M.Ag | |
dc.contributor.author | Dewi Mawarni, 14422145 | |
dc.date.accessioned | 2018-08-27T12:09:50Z | |
dc.date.available | 2018-08-27T12:09:50Z | |
dc.date.issued | 2018-08-15 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9924 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya tingkat penasaran peneliti terhadap salah seorang guru kelas X pengampu mata pelajaran Akidah Akhlak yang menerapkan metode pembelajaran ceramah secara menarik yang divariasikan dengan metode tanya jawab sehingga siswa berantusias dalam mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode ceramah dan tanya jawab terhadap tingkat partisipasi siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN Yogyakarta 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah angket. Subjek penelitian ini adala peserta didik kelas X di MAN Yogyakarta 1 yang berjumlah 31 siswa/i. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 31 terdapat di r tabel df= N-2 df=31-2=29 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,355. Penggunaan metode ceramah dan tanya jawab terhadap tingkat partisipasi siswa sebesar 0,687 > 0,355. Signifikansinya 0,000 < 0,05 Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode ceramah dan tanya jawab terhadap tingkat partisipasi siswa apabila dikreasikan menjadi metode ceramah yang menyenangkan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN Yogyakarta 1”. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Metode Ceramah | en_US |
dc.subject | Metode Tanya Jawab | en_US |
dc.subject | Partisipasi Siswa | en_US |
dc.title | PENGARUH METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHAK KELAS X DI MAN YOGYAKARTA 1 | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |