dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kreativitas guru dalam proses pembelajaran menjadi daya motifasi tersendiri bagi peserta didik. Dengan kreativitas yang dimiliki seorang guru, akan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan ketika sedang proses pembelajaran dalam kelas. Selain itu, kreativitas guru juga akan membuat peserta yang mengalami kesulitan dalam belajara menjadi lebih mudah dalam menerima pelajaran dan termotivasi dalam belajar, sehingga dapat mengantarkan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Maka pada saintifik tidak hanya murid yang aktif dan kreatif, guru harus lebih kreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam mata pelajaran aqidah akhlak dan untuk mengetahui hasil dari kreativitas yang di terapkan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan field research yang bersifat kualitatatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan kreativitas guru pendidikan agama Islam meliputi menyanyikan syiir sahabat ali, sholawatan, mengaitkan materi dengan mata pelajaran lainya atau dari sumber bacaan yang berbeda, media pembelajaran berupa power point, video terkait materi, dan hand out atau ringkasan materi. Hasil kreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik yang meliputi ranah kognitif, psikomotorik, afektif secara kesuluruhan sudah baik. | en_US |