Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. M. Hajar Dewantoro, M.A
dc.contributor.authorHimatul Fadilah, 14422056
dc.date.accessioned2018-08-27T09:49:15Z
dc.date.available2018-08-27T09:49:15Z
dc.date.issued2018-08-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9889
dc.description.abstractSalah satu mata pelajaran yang diajarkan yaitu akidah akhlak yang mengajarkan tentang ajaran-ajaran agama Islam, membentuk karakter atau akhlak siswa sesuai syariat islam yang bertujuan agar anak dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam. Realitas yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah pada umumnya lebih banyak berpusat pada guru. Sedangkan siswa bukanlah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggap perlu oleh guru, yang hanya duduk-duduk mendengar, mencatat dan menghafal apa yang disampaikan oleh guru sehingga siswa pasif didalam kelas dan hanya menyaksikan ceramah guru di depan kelas. Hal ini dapat ditangani dengan mengubah pola pembelajaran dengan mengefektifkan pembelajaran active learning yang dapat mempengaruhi siswa lebih aktif dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan ini penelitian bertujuan untuk mngetahui penggunaan model pembelajaran active learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas unggulan di MTs N 9 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan nilai hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA di MTs N 9 Sleman yang berjumlah 32 siswa/i. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi sederhana dengan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 32 terdapat r tabel df=N-2 (df=32-2=30) pada taraf signifikansi 5% adalah 4,17. Data signifikansi dilihat dari taraf signifikansi 5% α<0,05 dengan taraf signifikansi 0,357>0,05. Ha ditolak sedangkan Ho diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa active learning tidak berpengaruh terhdap hasil belajar.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectActive Learningen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGGUNAAN ACTIVE LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS UNGGULAN DI MTs N 9 SLEMANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record