PENGARUH TINGKAT KEDISIPLINAN DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN SISWA KELAS VII SMP IT IHSANUL FIKRI MUNGKID KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Pendidikan dilakukan dengan tujuan membentuk karakter seseorang. Jalur pendidikan informal memiliki kontribusi sangat besar dalam keberhasilan pendidikan. Berbagai upaya dilakukan salah satunya dengan boarding school untuk menciptakan peserta didik yang displin dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui seberapa besar tingkat kedisiplinan siswa kelas VII dalam sistem boarding school SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang 2. Mengetahui seberapa besar tingkat kemandirian siswa kelas VII dalam sistem boarding school SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang, 3. Mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat kedisiplinan dalam sistem boarding school terhadap tingkat kemandirian siswa kelas VII SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Objek penelitian ini adalah tingkat kedisiplinan dan tingkat kemandirian siswa. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu memberikan kesempatan yang sama secara acak. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kedisiplinan siswa “tinggi”. Dari total 42 responden, terdapat 22 siswa pada kriteria tinggi. Sedangkan tingkat kemandirian siswa “cukup tinggi”. Dari total 42 responden terdapat 21 siswa pada kriteria cukup tinggi. Adapun selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat kedisiplinan dalam sistem boarding school terhadap tingkat kemandirian siswa kelas VII SMP IT Ihsanul Fikri. Dari hasil perhitungan R square, terdapat pengaruh sebesar 38,5%.
Collections
- Islamic Education [863]