dc.description.abstract | Pengelolaan kelas memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. diperoleh data bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menerima dan mempelajari materi pelajaran Al-Qur’an Hadits dan sebagaian besar siswa asik dengan temannya sendiri seperti berbicara dengan temannya sendiri ketika guru sedang menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas oleh guru Al Qur’an Hadits dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MTs N 9 Sleman, Yogyakarta.
Penelitian di dalam skripsi ini menggunakan kuantitatif. Peneliti mencari data-data dan memberikan penyajian hasil penelitian di lapangan yang berupa angka-angka dengan menggunakan angket, dokumen pribadi maupun dokumen resmi lainnya. Subjeknya yaitu peserta didik kelas VII dan VIII di MTs N 9 Sleman. Dalam penelitian ini penelitian menggunakan teknik Random Sampling.Teknik Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi berupa data-data. Uji asumsinya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan linieritas. Teknik analisa dengan menggunakan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menujukan bahwa presentase pengaruh pengelolaan kelas oleh guru Al-Qur’an Hadits dan motivasi belajar siswa di MTs N 9 Sleman sebesar 22,6% sedangkan sisanya 77,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak menelitinya. Dengan demikian pengelolaan kelas yang dilakukan guru dengan baik maka akan menghasilkan hasil belajar siswa yag baik pila. Walapun pengelolaan kelas bukanlah satu-satunya faktor dalam menetukan tinggi rendahnya prestasi belajar yang diraih siswa. Faktor tersebut dapat berupa faktor dari luar lainnya seperti kulitas pengajaran, lingkungan belajar, sarana pengajaran dan kurikulum. Kemungkinan juga faktor internal diantaranya tingkat kecerdasan, bakat dan minat dan sebagainya | en_US |