dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB N 1 Sleman Yogyakarta. Strategi pembelajaran adalah hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan, tanpa strategi pembelajaran seorang pendidik tidak akan dapat menerapkan atau memberikan materi dengan baik, dan peserta didikpun tidak sepenuhnya dapat menerima pembelajaran dengan baik.
Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui strategi yang digunakan untuk mengajar PAI pada anak autis, pada dasarnya anak autis berbbeda dari anak normal biasanya, anak autis mengalami keterbelakangan mental yang mengedepankan emosi, jika dalam pembelajaran anak autis sangat membutuhkan pengertian khusus. Anak autis sendiri sulit dalam menerima pembelajaran berupa teori, anak autis lebih memilih untuk belajar menggunakan strategi pengulangan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengembangkan teori Thorndike, terdapat 3 hukum yang digunakan dalam teori tersebut, sesuai dengan kebutuhan anak autius pada umumnya dalam menerima pembelajaran.
Hasil penelitian ini merumuskan bahwasannya teori Thorndike dalam startegi pembelajaran pendidikan anak autis cukup baik, karena startegi yang digunakan di SLB N 1 Sleman menggunakan strategi pengulangan. Yang pada awalnya, pendidik memperhatikan peserta didiknya dalam pembelajaran atau bisa disebut dengan kesiapan yang matang sebelum menggunakan strategi tersebut, dan dilanjutkan dengan strategi latihan, dengan melatih peserta didiknya menggunakan metode pengulangan materi dengan cara mempraktekkannya secara langsung, serta pendidik dapat menyimpulkan akibat dari pengulangan materi, jika diterima dengan baik maka penggunaan strataegi tersebut terdapat respon yang baik dari peserta didiknya. | en_US |