Show simple item record

dc.contributor.advisorH. Nur Kholis, S.Ag, M.Sh.Ec..
dc.contributor.authorAlifia Firyal Farhana Zuliyant, 14423193
dc.date.accessioned2018-08-16T12:11:59Z
dc.date.available2018-08-16T12:11:59Z
dc.date.issued2018-06-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9785
dc.description.abstractAsuransi syariah di Indonesia semakin menunjukan eksistensinya, ditunjukkan dengan peningkatan jumlah perusahaan perasuransian berdasarkan prinsip syariah. Berdasarkan data di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pertumbuhan pangsa pasar industri perasuransian syariah dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 mengalami pertumbuhan rata-rata setiap tahun sebesar 36,22%. Asuransi unit link sedang populer dikarenakan Unit link merupakan asuransi dengan dua kantong, kantong untuk proteksi dan kantong investasi. Panin Dai-Ichi Life mendapat penghagaan sebagai asuransi jiwa terbaik dengan aset diatas 1-5 Triliun. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan pengaruh faktor dari model AIDA (attention, interest, desire, action) dalam mengambil keputusan berasuransi unit link syariah di asuransi Panin Dai-Ichi Life dan menganalisa pengaruh keputusan nasabah yang dominan dalam mengambil asuransi unit link syariah dengan model AIDA. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner yang disebar kepada 76 responden, dalam penelitian ini nasabah asuransi unit link syariah Panin Dai-Ichi Life. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sumber data penelitian hanya dari data primer. Metode analisis dan data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t dan uji F), pengolahan data menggunkan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini didapatkan model regresi linier berganda yaitu Y = 19,140 + (0,003)X1 + (0,004)X2 + (-0,04)X3 + (-0,052)X4 + e. Dan pada pengujian parsial menunjukkan bahwa dari keempat variabel AIDA secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk unit link syariah. Hal ini diketahui dari hasil pengujian signifikasi menunjukkan terdapat nilai probabilitas dari attention sebesar 0,039<0,05, interest 0,005<0,05, desire 0,002<0,05 dan action sebesar 0,001<0,05. Dari uji F sebesar 0,183 yang berarti secara bersama-sama berpengaruh positif antara variabel dependen dan independen. Dari koefisien determinasi diketahui bahwa 74,2% variabel keputusan nasabah mengambil keputusan berasuransi uit link syariah, dapat dijelaskan oleh faktor attention, interest, desire, dan action sedangkan sisanya 25,8% yang dipengaruhi oleh faktor lain. Dan dari keempat variabel AIDA, variabel yang paling berpengaruh (dominan) terhadap keputusan nasabah adalah variabel action, ditunjukkan dengan nilai beta yang paling besar dan menjauhi nol adalah 0,052.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAsuransi Unitlink Syariahen_US
dc.subjectKeputusan Nasabahen_US
dc.subjectAIDAen_US
dc.titlePERILAKU PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERASURANSI UNIT LINK SYARIAH DALAM PERSPEKTIF AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) PADA PANIN DAI-ICHI LIFE YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record