Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Muhajir, S.Si., M.Sc.
dc.contributor.authorLuthfi Ria Innayah, 14611093
dc.date.accessioned2018-08-15T12:36:35Z
dc.date.available2018-08-15T12:36:35Z
dc.date.issued2018-07-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9754
dc.description.abstractDewasa ini industri makanan dan minuman merupakan sektor yang sangat strategis dan mempunyai prospek yang cukup cerah untuk dikembangkan, hal tersebut diungkapkan oleh MENPERIN. Salah satu perusahaan yang memproduksi minuman adalah PT Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dimana produk perusahaan tersebut sudah tersebar diseluruh negeri. Dalam mendistribusikan produknya, PT Coca-Cola Amatil Indonesia memiliki beberapa tempat seperti Hypermarket, Supermarket, Mini Market, warung kecil bahkan warung makan. Pendistribusian dikelompokkan berdasarkan wilayah dari mega distribution center ( mega DC) misalkan mega DC Semarang untuk wilayah DIY, Jawa Tengah, dan sebagian kecil Jawa Timur yang lebih dekat ke Jawa Tengah maupun DIY. Perlu adanya pengelompokan outlet dan optimasi rute agar maksimal dalam mendistribusikan produknya. Penelitian ini menggunakan metode clustering Affinity Propagation untuk pengelompokan outlet dan Nearest Insertion untuk menentukan rute yang optimal. Pada analisis clustering Affinity Propagation didapatkan hasil jumlah cluster yaitu sebanyak 11 cluster. Pada penerapan metode Nearest Insertion untuk menentukan rute yang optimal didapatkan hasil bahwa seluruh rute menunjukkan hasil evaluasi < 2 yang dapat disimpulkan bahwa optimasi jarak yang diperoleh sudah optimal. Jumlah jarak yang ditempuh setelah diterapkan metode Nearest Insertion lebih kecil daripada jumlah jarak sebelum diterapkan metode Nearest Insertion.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectAffinity Propagationen_US
dc.subjectNearest Insertionen_US
dc.subjectTSPen_US
dc.subjectPendistribusianen_US
dc.subjectOptimasi Ruteen_US
dc.titlePENERAPAN ALGORITMA NEAREST INSERTION UNTUK PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM DALAM MENENTUKAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI (Studi Kasus : Outlet PT. Coca-Cola Amatil Indonesia untuk Wilayah Jawa Tengah)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record