HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN ACADEMIC HELP-SEEKING BEHAVIOR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara efikasi diri akademik dan academic help-seeking behavior pada mahasiswa Psikologi Fakultas Psikoilogi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara efikasi diri akademik dan academic help-seeking behavior. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang terdiri dari 61 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Efikasi Diri Akademik yang dikembangkan oleh Butler pada tahun 2011 dan Skala Academic Help-Seeking Behavior yang dikembangkan oleh Pajares, Cheong dan Oberman pada tahun 2004. Metode analisis data menggunakan teknik analisis Pearson dibantu oleh program Statistik SPSS 20 for Windows. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar r= 0.264 dengan nilai p= 0.020 (p<0.04). Hal tersebut memiliki arti bahwa semakin tinggi Efikasi Diri Akademik, maka semakin tinggi academic help-seeking behavior. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah efikasi diri akademik maka semakin rendah academic help-seeking behavior. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri akademik dan academic help-seeking behavior pada mahasiswa. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2173]