Show simple item record

dc.contributor.authorAfsari, Nyda
dc.date.accessioned2018-08-11T14:49:35Z
dc.date.available2018-08-11T14:49:35Z
dc.date.issued2018-07-03
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/9669
dc.description.abstractSecara empirik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis (writing self-efficacy) pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur Self-Efficacy in Writing Inventory yang diadaptasi dari Erkan (2013) yang berbasis pada teori efikasi diri dari Bandura (1997). Alat ukur ini terdiri dari 20 aitem dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,912. Selain itu, efikasi diri dalam menulis juga diukur dengan observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Pada penelitian ini, secara statistik hipotesis penelitian pertama ditolak. Hasil analisis statistik menggunakan anava mixed design ditemukan tidak ada pengaruh dari diberikannya metode whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis. Hal ini ditunjukkan dari nilai F = 2,295; Sig(p) = 0,154 (p > 0,05). Tetapi, hipotesis kedua pada penelitian ini diterima yaitu analisis statistik menggunakan mean difference diketahui bahwa terdapat perbedaan efikasi diri dalam menulis yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfikasi diri dalam menulis, whatsapp, cooperative learning, pembelajaran campuranen_US
dc.titleWHATSAPP COOPERATIVE LEARNING: METODE PEMBELAJARAN CAMPURAN UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM MENULISen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record