WHATSAPP COOPERATIVE LEARNING: METODE PEMBELAJARAN CAMPURAN UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM MENULIS
Abstract
Secara empirik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis (writing self-efficacy) pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur Self-Efficacy in Writing Inventory yang diadaptasi dari Erkan (2013) yang berbasis pada teori efikasi diri dari Bandura (1997). Alat ukur ini terdiri dari 20 aitem dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,912. Selain itu, efikasi diri dalam menulis juga diukur dengan observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Pada penelitian ini, secara statistik hipotesis penelitian pertama ditolak. Hasil analisis statistik menggunakan anava mixed design ditemukan tidak ada pengaruh dari diberikannya metode whatsapp cooperative learning terhadap efikasi diri dalam menulis. Hal ini ditunjukkan dari nilai F = 2,295; Sig(p) = 0,154 (p > 0,05). Tetapi, hipotesis kedua pada penelitian ini diterima yaitu analisis statistik menggunakan mean difference diketahui bahwa terdapat perbedaan efikasi diri dalam menulis yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Collections
- Psychology [2173]