EVALUASI PELAYANAN OBAT PADA PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS NGEMPLAK 1 BERDASARKAN INDIKATOR WORLD HEALTH ORGANIZATION (WHO)
Abstract
Pelayanan pasien merupakan salah satu indikator utama WHO yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pelayanan obat pada pasien di puskesmas.Pelayanan obat yang baik dapat mempengaruhi pengetahuan pasien dan kurangnya pengetahuan pasien dapat berdampak pada kesalahan pengobatan.Karakteristik pasien juga dapat berhubungan dengan pengetahuan pasien.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengevaluasi pelayanan obat pada pasien berdasarkan indikator WHO dan mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan pengetahuan pasien tentang obat yang baik di Puskesmas Ngemplak 1.Jenis penelitianadalah penelitian observasional bersifat analitik dengan metode cross-sectional.Sampel dipilih menggunakan teknik sistematik sampling. Analisis data deskriptif untuk indikator pelayanan pasien berupa nilai rata-rata dan persentase serta analisis Chi-Squaredanpearsonuntuk melihat hubungan karakteristik pasien dengan pengetahuan pasien tentang obat yang baik. Hasil karakteristik pasien diperoleh bahwa pasien yang paling banyak berkunjung adalah jenis kelamin perempuan, status pernikahan yaitu menikah, pendidikan terakhir SMA,bahasa sehari-hari campur, suku jawa, area tinggal desa, pekerjaan sebagai ITR, tidak berpendapatan, dan usia antara 30-39 tahun.Hasil penelitian evaluasi pelayanan obat diperoleh rata-rata dispensing time obat 62,58 ± 39,93detik, persentaseobat yangterlayani98,4%, rata-rata etiket yang memadai adalah 2,97 danpersentasepengetahuanpasienmengenaiobat yang baik 64,62%. Hasil analisis karakteristik pasien diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin, status pernikahan, pekerjaan, area tinggal, usia, pendidikan, namun terdapat hubungan antara suku dengan pengatahuan pasien.
Collections
- Pharmacy [1444]