dc.description.abstract | Dalam era otonomi daerah, Jogjakarta harus dapat menghidupi daerahnya
sendlri. Salah satu faktor pendukung yang dapat diandalkan adalah bidang
otomotif. Hal ini tampak pada banyaknya kendaraan khususnya mobil dan toko,
bengkel yang selalu ramai didatangi konsumen. Banyaknya toko dan bengkel
menuntut adanya suatu tempat perdagangan otomotif yang menyatu, lengkap dan
dapat dijangkau oleh masyarakat. Di dalam tempat ini dapat ditemukan berbagai
kegiatan seperti promosi penjualan mobil, toko onderdil dan aksesoris, tempat
service dan modifikasi, area test drive dan rekreasi.
Permasalahan yang ditekankan pada perancangan Jogja Auto Mall adalah
bagaimana penataan ruang dalam pada otomotif mall sebagai fasilitas bisnis dan
rekreasi. Dan bagaimana merancang bentuk bangunan yang dapat
mengungkapkan karakter otomotif.
Tujuan dan sasaran yang akan dicapai adalah mendapatkan landasan
konsep perancangan Jogja Auto Mall yang mampu menjadi tempat kegiatan
otomotif yang mewadahi kegiatan perdagangan, service, test drive dan rekreasi.
Untuk mendukung proses perancangan tersebut dilakukan survei, observasi dan
wawancara dengan pihak yang berhubungan serta studi literature untuk
mendapatkan masukan dalam memecahkan permasalahan yang ada.
Perancangan Jogja Auto Mall ini akan ditempatkan di jalan Veteran
tepatnya disebelah timur Terminal Bis Umbulharjo. sehingga fasilitas ini nantinya
mudah diketahui dan dicapai oleh masyarakat. Dalam mendukung penataan
ruang dalam pada otomotif mall adalah dengan didasarkan pada
pengelompokan ruang dan hubungan ruang yang mengacu pada kegiatan
masing-masing ruang. Sirkulasi yang terjadi khususnya untuk mobil turut
mendukung penataan ruang dalam pada otomotif mall. Skala dan proporsi
bangunan yang digunakan adalah mengesankan bangunan monumental
sehingga mampu menonjol dan berbeda dari bangunan sekitarnya. Untuk
perancangan penampilan bangunan didukung dengan penggu naan komponen
komponen otomotif khususnya pada mobil sehingga dapat mencerminkan
karakter otomotif pada bangunan. | en_US |