Show simple item record

dc.contributor.advisorM. Hasan Sidiq Kurniawan, S.Si., M.Sc
dc.contributor.authorIndah Anasthasia Sri Rahayu, 14 611 259
dc.date.accessioned2018-07-24T12:46:52Z
dc.date.available2018-07-24T12:46:52Z
dc.date.issued2018-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9454
dc.description.abstractStres merupakan salah satu respon psikologi manusia saat dihadapkan pada suatu tekanan atau tuntutan baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar, yang dianggap sulit untuk dihadapi. Mahasiswa mengalami stres sebagai tuntutan akademik yang harus dijalani. Stres akademik yang dihadapi oleh mahasiswa dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan gangguan kesehatan, sehingga penting untuk mengetahui karakteristiknya. Penelitian ini mengklasifikasikan stres akademik Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode Chi-Square Automatic Interaction Detection (CHAID) dan Algoritma C4.5 berdasarkan beberapa variabel, kemudian peneliti membandingkan hasil klasifikasi dari keduanya. Penerapan metode CHAID pada studi kasus stres akademik tidak menghasilkan klasifikasi yang diharapkan dan pohon keputusannya tidak terbentuk. Sedangkan penerapan Algoritma C4.5 dapat menghasilkan klasifikasi yang dapat dilihat melalui pohon keputusan yang dihasilkan. Berdasarkan hasil dari algoritma C4.5 didapatkan 16 aturan yang terbentuk, dimana peluang tertinggi mahasiswa FMIPA UII mengalami stres akademik terdapat pada segmen ke-3, ke-11, dan ke-14. Tingkat akurasi klasifikasi menggunakan Algoritma C4.5 cukup baik dengan persentase sebesar 67.16%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStres Akademiken_US
dc.subjectKlasifikasien_US
dc.subjectChi-Square Automatic Interaction Detection (CHAID)en_US
dc.subjectAlgoritma C4.5en_US
dc.titlePENERAPAN METODE CHI-SQUARE AUTOMATIC INTERACTION DETECTION (CHAID) DAN ALGORITMA C4.5 PADA KLASIFIKASI STRES AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record