dc.contributor.advisor | M. Hasan Sidiq Kurniawan, S.Si., M.Sc | |
dc.contributor.author | Indah Anasthasia Sri Rahayu, 14 611 259 | |
dc.date.accessioned | 2018-07-24T12:46:52Z | |
dc.date.available | 2018-07-24T12:46:52Z | |
dc.date.issued | 2018-07 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9454 | |
dc.description.abstract | Stres merupakan salah satu respon psikologi manusia saat dihadapkan pada suatu tekanan atau tuntutan baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar, yang dianggap sulit untuk dihadapi. Mahasiswa mengalami stres sebagai tuntutan akademik yang harus dijalani. Stres akademik yang dihadapi oleh mahasiswa dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan gangguan kesehatan, sehingga penting untuk mengetahui karakteristiknya. Penelitian ini mengklasifikasikan stres akademik Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode Chi-Square Automatic Interaction Detection (CHAID) dan Algoritma C4.5 berdasarkan beberapa variabel, kemudian peneliti membandingkan hasil klasifikasi dari keduanya. Penerapan metode CHAID pada studi kasus stres akademik tidak menghasilkan klasifikasi yang diharapkan dan pohon keputusannya tidak terbentuk. Sedangkan penerapan Algoritma C4.5 dapat menghasilkan klasifikasi yang dapat dilihat melalui pohon keputusan yang dihasilkan. Berdasarkan hasil dari algoritma C4.5 didapatkan 16 aturan yang terbentuk, dimana peluang tertinggi mahasiswa FMIPA UII mengalami stres akademik terdapat pada segmen ke-3, ke-11, dan ke-14. Tingkat akurasi klasifikasi menggunakan Algoritma C4.5 cukup baik dengan persentase sebesar 67.16%. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Stres Akademik | en_US |
dc.subject | Klasifikasi | en_US |
dc.subject | Chi-Square Automatic Interaction Detection (CHAID) | en_US |
dc.subject | Algoritma C4.5 | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE CHI-SQUARE AUTOMATIC INTERACTION DETECTION (CHAID) DAN ALGORITMA C4.5 PADA KLASIFIKASI STRES AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |