Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS.
dc.contributor.authorYaumul Mizan Alaydrus, 15913224
dc.date.accessioned2018-07-23T15:14:47Z
dc.date.available2018-07-23T15:14:47Z
dc.date.issued2018-04-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9411
dc.description.abstractTesis ini merupakan penelitian tentang pendidikan akhlak anak dalam keluarga dengan tujuan untuk membantu memberikan solusi berupa cara kepada orang tua yang kurang mampu menanamkan akhlak yang baik pada diri anak-anak, dengan mengambil contoh pendidikan Nabi Ismail AS dengan cara menganalisis runutan kisah jalan kehidupan Nabi Ibrahim semenjak Ismail lahir hingga dewasa yang terabadikan dalam al Qur'an dalam surat al Baqoroh: 132, Ibrahim: 34 dan as Ashofaat: 102. Banyak para orang tua yang mengidamkan anak-anaknya terjaga dari segala perbuatan buruk yang dilarang oleh agama tetapi mereka tidak tahu bagaimana cara menyiapkan anak-anak bisa menjaga dirinya sendiri kemanapun, kapanpun dan dimanapun dari hal-hal yang dapat menyebabkan dosa. Adapun focus pertanyaannya Bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam Q.S. Ibrahim: 37, Q.S. As-Shafat: 102 dan Q.S. Al-Baqarah: 132.? Bagaimana tahapan-tahapan penanaman pendidikan akhlak ? Bagaimana relevansi nilai pendidikan akhlak dalam Q.S. Ibrahim: 37, Q.S. As-Shafat: 102 dan Q.S. Al-Baqarah: 132 dengan masa kini.? Penelitian ini menggunakan penelitian bercorak library murni dan metode tafsir metode tahlili. Metode tahlili dipilih karena metode tafsir yang memiliki corak Tafsir al-adaby al-ijtima’y yang mengkaji konsep-konsep al-Qur'an tentang suatu masalah sosial kekinian dengan suatu hasil yang utuh dan komprehensif. Karena penelitian ini menyangkut al-Qur'an secara langsung, maka sumber pertama adalah kitab suci al-Qur'an mushaf yang digunakan sebagai pegangan adalah Mushaf Departemen Agama. Sumber lainnya meliputi kitab-kitab tafsir, buku, dan tulisan-tulisan lain yang terkait dengan tema penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menanamkan iman Islam, lingkungan yang kondusif dan berakhlak yang baik, seseorang akan terhindar dari segala macam yang dilarang oleh agama walaupun ia sedang dalam keadaan sendiri.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan Akhlaken_US
dc.subjectKeluargaen_US
dc.titlePENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM KELUARGA BERDASARKAN Q.S. IBRAHIM: 37, Q.S. ASSHOFAAT: 102 DAN Q.S. AL-BAQARAH: 132en_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record