PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DI PAMELLA 6 SUPERMARKET
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kinerja perusahaan secara keseluruhan. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pamella 6 Supermarket yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri jasa pada bidang ritel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 70 responden yang merupakan pelanggan dan 74 responden yang merupakan karyawan perusahaan ini. Pengumpulan data penelitian ini juga menggunakan data penjualan perusahaan dari tahun 2015 hingga tahun 2017. Alat analisis yang digunakan adalah Balanced Scorecard yang memiliki empat perspektif di dalamnya yaitu, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan karyawan yang ramah dan cepat tanggap memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Serta kepedulian perusahaan terhadap karyawan memberikan pengaruh positif terhadap kinerja dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Sehingga kinerja perusahaan secara keseluruhan dapat dikatakan sangat baik.
Collections
- Industrial Engineering [2235]