Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Jumanah, MIS
dc.contributor.authorMartin, 15913096
dc.date.accessioned2018-07-19T14:39:20Z
dc.date.available2018-07-19T14:39:20Z
dc.date.issued2018-07-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8850
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu jalan untuk membina karakter generasi muda secara terarah, terprogram, dan optimal, sehingga terbentuk generasi muda yang cerdas intelektual dan berkualitas akhlaknya. Pendidikan karakter menurut Ibnu al-Qayyim adalah usaha membimbing dan mengarahkan peserta didik sejak usia dini untuk berbuat kebajikan kepada Penciptanya, dirinya, dan lingkungannya, mengingatkan mereka dari akhlak yang tercela berdasarkan Al- Qur’an dan As-Sunnah, dengan menerapkan tiga strategi pendidikan karakter yaitu knowing the good, feeling the good, dan acting the good, sehingga menjadi watak dan karakter yang kuat serta tidak berubah, dibarengi dengan usaha menumbuhkembangkan setiap bakat yang dimiliki anak, kemudian mengarahkannya, sehingga meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan, bagaimana pendidikan karakter perspektif Ibnu al-Qayyim dalam kitabnya Tuhfatu al-Maudu>d bi Ahka>mi al- Maulud. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan studi library research yang menggunakan pendekatan historis filosofis. Objek penelitian pendidikan karakter Ibnu al-Qayyim dalam kitab Tuhfatu al-Maudu>d bi Ahka>mi almaulu> d. Tekhnik pengumpulan data dengan dokumen. Adapun dalam menganalisis data yang diperoleh menggunakan dua analisis, pertama, analisis konten/isi (content analysis), dan kedua, analisis taksonomi. Hasil penelitian ini adalah mengenai pendidikan karakter Ibnu al-Qayyim dalam kitab Tuhfatu al-Maulu>d bi Ahka>mi al-Maulu>d. Konsep pendidikan karakter yang diusung sangat komprehensif, mencakup berbagai dimensi kehidupan anak, didalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang berusaha ditanamkan dalam proses mendidik anak. Konsep pendidikan karakternya tidak berbeda dengan konsep pendidikan karakter yang ditawarkan oleh para pakar pendidikan nasional, karena ruang lingkup pendidikan karakter Ibnu al- Qayyim sejalan dengan pendidikan karakter dalam UU. Sisdiknas 2010, yang mana pendidikan mencakup olah pikir, olah raga, olah hati, olah rasa, dan karsa.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectIbnu al-Qayyimen_US
dc.subjectkitab Tuhfatu al-Mauduen_US
dc.titlePENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF IBNU AL-QAYYIM DALAM KITAB TUHFATU AL-MAUDU<D BI AHKA<MI AL-MAULU<Den_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record