FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI SISWA DALAM MEMILIH PAKET KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 BANTUL
Abstract
Pendidikan menengah kejuruan adalah pendidikan pada jenjang pendidikan
menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk
melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Pendidikan menengah kejuruan
mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta
mengembangkan sikap profesional. Bila dilihat secara lebih jauh lagi maka dari
Sekolah Menengah Kejuruan tersebut lebih banyak diminati lagi sekolah kejuruan
yang berstatus negeri. Secara umum hal tersebut dikarenakan prestasi sekolah SMK
Negeri yang cenderung lebih bagus jika dibandingkan dengan swasta serta segi biaya
juga lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara
komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi siswa dalam
memilih Paket Keahlian Perbankan Syariah SMK N 1 Bantul . Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X, XI, XII
Paket Keahlian Perbankan Syariah SMK N 1 Bantul. Data diperoleh menggunakan
angket. , kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian adalah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Siswa Dalam
Memilih Paket Keahlian Perbankan Syariah Pada Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Negeri I Bantul: ) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi
terhadap preferensi siswa dalam memilih paket keahlian. Terdapat pengaruh partial
yang signifikan antara faktor harga, citra dan kualitas, pemahaman dan sosial budaya,
terhadap preferensi siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan antara harga, citra dan
kualitas, pemahaman, promosi dan sosial budaya secara bersama-sama (simultan)
terhadap preferensi siswa . Variabel yang paling berpengaruh terhadap preferensi
siswa adalah variabel citra dan kualitas Oleh karena itu kepada peneliti berikutnya
dapat melakukan penelitian serupa dengan menambah variabel seperti guru, sarana
prasarana, keterserapan di dunia kerja.